Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

SURGANYA INDONESIA YANG TERSEMBUNYI

  • Saturday, May 31, 2014
  • mansyurahmad.blogspot.com
  • Label:

  • Indonesia berada tepat pada garis khatulistiwa dan hanya memiliki dua musim saja yaitu, musim hujan dan musim panas. Indonesia menyimpan banyak jutaan kekayaan yang sangat luar biasa, baik kekayaan yang sudah terekspos maupun kekayaan yang belum terekpos, entah itu sumber daya alam, sumber daya manusia, migas, non-migas, pariwisata dan masih banyak yang lainnya. Pada kesempatan ini saya akan membedah sedikit pengalaman saya berkunjung ke salah satu desa yang berada di provinsi banten yaitu desa sawarna,belakangan ini nama sawarna sudah mulai mencuat terutama di kalangan traveller yang menyukai keindahan pantai. Yap desa sawarna memang memiliki pantai yang namanya juga sama dengan nama desanya, yaitu pantai sawarna. Pantai ini terbilang masih perawan karena belum terllu banyak yang tau mengenai pantai ini, sebebnarnya akses transportasi menuju desa ini sudah ada, dan jalannya pun sudah beraspal, untuk menuju desa sawarna bisa diakses dari arah jakarta ataupun dari daerah bogor. Di desa sawarna sendiri memiliki banyak pantai yang sangat indah, ada pantai pasir putih, ada pantai untuk surfing, dan ada juga pantai yang dibentengi oleh batu karang, pada kesempatan ini saya hanya akan membahas 4 pantai saja yang berada di desa sawarna :


    Pantai sawarna
    Pantai sawarna memiliki pantai berpasir cukup luas, dan bentangan bibir pantainya pun cukup panjang, dipantai ini kita bisa bermain air atau mandi, bisa juga bermain bola, baik bola volly maupun sepak bola, dipantai sawarna sudah terdapat banyak warung yang menjajakan makan ringan ataupun minuman ringan, namun tentu saja karena ini daerah wisata maka makanan disini harganya cukup mahal, sebagai perbandingan harga sebotol aqua 1,5L jika ditempat bisa harganya sekitar Rp.3.900, namun di pantai sawarna harganya mencapai Rp.7.000.  di pantai sawarna terdapat bangunan yang biasa disebuty saung, tempat ini disewakan. Untuk harganya tergantung pintar-pintar kita untuk menawarnya, saung ini bisa kita gunakan untuk berteduh saat berenang, atau juga bisa kita gunakan untuk tidur jika hendak bermalam di pantai ini namun tidak berniat menginap di hotel atau di homestay yang harganya memang relatif mahal. Untuk fasilitas kamar mandi sudah tersedia dengan rincian harga untuk kencing Rp.1.000, BAB Rp.3.000, dan mandi Rp.3.000. bila anda hendak mengunjungi pantai sawarna dan hendak bermalam disana menggunakan tenda, disana pun terdapat banyak area untuk mendirikan tenda. Untuk harga tiket masuk perorang dikenakan biaya sebesar Rp.5.000, sebagai informasi tepat sebelum kita menyebrangi jembatan gantung yang merupakanb pintu masuk utama menuju pantai sawarna, terdapat indom**** untuk harga barangnya sendiri disini masih normal. Bagi anda yang membawa mobil, maka anda bisa menitipkannya karena parkirannya terletak disebelah indom****. Namun jika anda mengendarai motor anda bisa membawanya langsung masuk sampai ke pantai. Info yang tak kalah penting adalah, ketika anda ingin membeli keperluan atau makanan ringan, anda dari pantai bisa izin di pos pembayaran tiket untuk keluar, tentu dengan tujuan supaya kita tidak bayar dua kali, anda cukup menunjukan karcis nya saja, karena harga makanan di dalam atau di area pantai cukup mahal, dan itupun tidak lengkap.




    Pantai Tanjung Layar
    Pantai tanjung layar masih berada di desa yang sama, jarak pantai tanjung layar dari pantai sawarna sekitar 1,8KM ini bisa ditempuh dengan kendaraan (motor atau ojeg). Di pantai ini terdapat dua buah batu yang besar, dan sepintas terlihat seperti layar perahu. Dua buah batu ini juga terlihat dari pantai sawarna. Di pantai tanjung layar memiliki hamparan batu karang yang cukup luas dan ada juga batu karang yang membentengi pantai dari deburan  ombak yang sangat ganas, karena pantai-pantai yang ada di desa sawarna memang langsung menghadap ke samudara hindia atau pantai selatan yang terkenal akan keganasan ombaknya. Namun ombak dipantai ini belum seberapa bila dibandingkan dengan ombak yang ada i pantai karang taraje (masih desa yang sama). Pantai tanjung layar sangat tepat digunkan untuk menikmati sunset, karena kita bisa foto dengan background sunrise sekaligus dua buah batu yang sangat indah. Jalan menuju pantai tanjung layar dari pintu masuk sudah menggunakan papinblock, disana terdapat beberapa warung kecil yang menyediakan makanan ringan, namun untuk warung yang menjajakan makanan berat seperti nasi belum ada. Wisata kuliner yang di jajakan disekitaran pantai biasanya adalah seafood, namun untuk pantai-pantai di desa sawarna belum memiliki hal itu, karena dari segi pengolahan kepariwisataanya belum terkelola dengan  baik, bentuk pengelolaan yang sudah terlaksana hanya baru sekedar karcis masuk,  dan peta lokasi saja.  Jika dikelola dengan sungguh-sungguh maka wisata pantai yang ada di desa sawarna bisa menjadi wisata primadona yana ada di kawasan provinsi banten. Namun dari sisi pengelolaan memberikan dua dampak yang berbeda, mungkin jika pengeloaan yang dilakukan sudah baik maka akan banyak wisatawan yang tau akan tempat ini, dan iti secara tak langsung mengundang keramaian orang yang sering menyebabkan kerusakan lingkungan karena ulah manusia yang suka membuang sampah sembarangan. Harus di akui pantai-pantai di desa sawarna masih tergolong bersih. Selanjutnya dampak dari belum ada pengelolaan yang baik (pembangunan di sekitar wisata) maka orang takan banyak yang kenal atau tau tempat tersebut, namun kelebihannya adalah dengan sedikitnya pengunjung ataupun wisatawan yang berkinjung maka hal tersebut akan menghindarkan tempat wisata dari pencemaran sampah yang disebabkan oleh wisatawan yang tidak sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.  Pembangunan dan pengelolaan dalam bidang kepariwisataan menurut saya bagaiakan pisau yang memiliki dua mata, yang masing-masing matanya memeberikan dampak dan efek yang berbeda.





    Pantai Legon Pari
    Untuk mencapai pantai legon pari bisa ditempuh melalui dua rute yaitu melalui jalan kaki, dan menggunkan kendaraan. Jika dari pantai tanjung layar menuju pantai legon pari terdapat jalan tembusan namun jalan ini tidak bisa dilewati oleh kendaraan hanya untuk penjalan kaki saja, jaraknya kurang-lebih sekitar 2KM. Jika anda hendak menggunakan kendaraan menuju pantain legon pari maka anda harus membayar tiket masuk lagi dari pintu masuk yang berbeda dengan harga tiket sebesar Rp.5.000 jarak dari pintu masuk ke pantai legon pari sekitar 1,6 KM namun dengan kondisi jalan yang tidak begitu bagus, karena jalan yang bagus nya hanya 1/4nya saja, sisamya berupa jalan berbatu nan licin apabila terguyur hujan, kiri kanan jalan berupa sawah dan kebun milik warga. Jalannya cukup curam dan naik turun, namun setibanya di pantai perjalanan tadi terbayar lunas dengan pemandangan pasir putih yang begitu halus dan lembut, dan pantainya yang masih bersih, sebagai tambahan info jika anda hendak berkemah disini jangan lupa membawa persediaan makanan dan air minum serta air untuk keperluan air untuk memasak secukupnya, karena disini hanya ada 2 warung kecil saja dan itu pun tutupnya sore tidak sampai malam, pantai ini jauh lebih sepi dibandingkan dengan dua pantai sebelumnya, dari pantai legon pari terlihat sebuah gundukan batu karang yang besar-besar, nah disanalah terletak pantai yang bernama pantai karang taraje.







    Pantai Karang Taraje
    Letaknya bersebalahna dengan pantai legon pari, jaraknya kurang lebih sekitar 500 meter. Ombak di pantai ini sungguh luar biasa dahsyatnya, namun memiliki keindahan yang dahsyat pula, keindahannya tak kalah dengan pantai lainnya. Deburan ombak yang besar pecah di hadapan batu karang yang besar dan tinggi, ketinggian dari batu karang yang membentengi pantai dari deburan ombak secara langsung bervariasi kurang lebih ada yang satu meter dan ada juga yang lebih dari itu kira-kira ada yang 5 meter, bentangan batu karang yang berdiri kokoh bagaikan benteng sebuah kerajaan, keliahatan makin indah ketika air laut membentur karang tersebut dan cipratan air nya sampai beretebrangan ke atas cipratannya sungguh memeberikan sensasi yang menantang adrenalin, butuh nyali besar jika anda ingin mendapatkan foto dengan background bebatuan karang yang tinggi dan pengambilan gambar dilakukan saat air laut atau deburan ombak menghantam karang tersebut dan air dari deburan ombak tersebut juga bisa memabasahi anda, karena debitnya sangat banyak, namun sensasi tersebuit memang unik dan memberikan kepuasan tersendiri terutama bagi anda yang menyukai dentuman adrenalin.





    0 komentar:

    Post a Comment