Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

TRADISI MINUM KOPI ORANG INDONESIA

  • Friday, August 28, 2015
  • mansyurahmad.blogspot.com
  • Sudah bukan rahasia lagi kalua Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbaikdi dunia, hal tersebut melatarbelakangi kebiasaan warganya dibeberapa tempat yang menjadikan minum kopi sebagai salah satu kebiasaan atau budaya. Konon katanya kopi yang di pajang di Etalase Starbucks Amerika adalah kopi yang berasalal dari Indonesia sebut saja kopi Toraja dan Kopi Aceh. Kota-kota seperti Aceh, Belitong dan Makassar warganya memiliki kebiasaan mengopi. Kali ini saya akan membahas budaya ngopi orang Makassar. Kota yang disebut-sebut sebagai Kota terbesar di Wilayah Timur yang dijadikan Gerbang Indonesia wilayah timur ini memiliki budaya ngopi yang sangat kental. Banyak sekali warung kopi yang terbebaran hamper di tiap sudut kota. Di jam-jam Sore terlihat warkop Nampak ramai oleh pengunjung untuk menikmati secangkir kopi. Pengunjung sangat beragam mulai dari pemuda, orang tua, orang yang pulang kerja pria dan wanita. Ada satu hal yang unik menurut saya, yang baru pertama kali saya rasakan. Kopi yang saya cicipi ini rasanya beda dari kopi-kopi yang sudah saya cicipi di Pulau Jawa. Kepenasaran pun membuat saya sedikit kepo dan bertanya-tanya kepada teman saya, kok kopi nya enak banget. Ternyata kopi tersebut didatangkan dari kabupaten Enrekang dan kopi tersebut juga ternyata yang selama ini kita kenal sebagai Kopi Toraja. Saat itu saya berkesempatan mengunjungi Kabupaten Enrekang dan ternyata kopi-kopi disana ditanam di kaki Gunung Latimojong yang ketinggianya >1000 mdpl. Kopi Toraja juga ternyata di pasoknya dari Kabupaten Enrekang, karena memang kabupaten ini bersebelahan, jadi Kopi nya berasal dari Enrekang namun dalam pemasaran lebih dikenal sebagai Kopi Toraja. Kenikmatan dan kekhasanya yang menurut saya unik dan baru saya temukan adalah rasa manis yang dihasilkan hanya dari susu (kopi susu), kecuali anda memesan kopi hitam original maka rasa manisnya berasalal dari gula pasir yang ditambahkan. Jika anda berkesempatan mampir ke Kota Makassar jangan lewatkan untuk menikmati sensasi ngopi di warkopnya.

    #SecangkirKopidiWarkopDottoro

    #SecangkirKopidiWarkopDottoro

    0 komentar:

    Post a Comment