Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

HATI-HATI DENGAN KATA BENCI DAN MUAK

  • Sunday, July 13, 2014
  • mansyurahmad.blogspot.com
  • Label:




  • Tak terasa sudah 5 tahun saya berada di universitas tercinta walaupun berada di fakultas baru 4 tahun karena peraturan dikampus saya tahun kedua kita baru mendaptkan mata kuliah yang ada di fakultas. Banyak hal yang sudah saya lewati selama 4 tahun, banyak kisah suka maupun duka, dan kisah tersebut tidak jauh dari cerita soal akademik dan kisah pertemanan. Waktu awal-awal masuk saya pernah sangat tidak suka sekali dengan seseorang, yang dimata saya orang tersebut begitu suka bergibah dan senang sekali membicarakan orang dan mencari gossip orang lain, dan waktu itu saya juga pernah mendapat perlakuan tidak menyenangkan darinya, sampai saya sangat muak sekali denganya dan benci, karena saya memang tipikal orang yang paling sangat tidak suka ketika digosipkan mengenai perkara yang sama sekali tidak pernah saya lakukan. Dan yang lebih menyebalkannya saya beberapa kali harus satu kelompok tugas denganya. Bukan hanya itu saja yang membuat saya sangat muak denganya ada hal yang tak bisa ceritakan secara gamblang juga. Setiap orang juga pasti punya kelebihan dan kekurangan saya yakin akan hal itu. Pernah suatu ketika saya kesal terlampau memuncak sampai saya berkata kotor padanya. Namun setelah itu saya tidak pernah berusan lagi denganya hanya sebatas mengamati saja dan dia juga tidak pernah mengganggu saya lagi saya secara langsung didepan muka saya. Sebenarnya orangnya baik hati dan suka menolong, namun yang saya tidak saya suka darinya hanya sikapnya saja yang suka gibah. Tahun demi tahun berlalu, ternyata dia banyak berubah juga intensitas bergibahnya berkurang, sampai pada akhirnya saya juga mulai mengenal karakternya, dua kejadian yang baru saya sadari, saya mulai mengenalnya ketika ada event dalam organisasi kemahasiswaan dan kebetulan saat itu saya terlibat sebagai panitia, saat itu event yang dilaksanakan berupa kegiatan outdoor di alam terbuka disebuah taman nasional yang ada di bogor, dan yang kedua adalah ketika saya akan bermain ke salah satu pantai yang berada paling ujung di kabupaten sukabumi, ketika itu saya dan teman saya mengjaknya untuk pergi bersama. Waktu pergi ke pantai tersebut kita menggunkan motor dan kebetulan saya berboncengan dengannya, saat dipantai itulah saya menemukan sebagian karakternya yang tidak saya kira sebelumnya, ternyata ini orang selain anak mall juga menyukai hal berbau petualangan, sejak saat itu saya hubungan saya denganya merasa lebih baik, hingga sampai pada suatu ketika saat itu saya sedang dirundung masalah yang cukup serius karena menyangkut orang banyak juga, saya bingung harus bercerita dan bertanya kepada siapa lagi hingga akhirnya saya memberanikan diri menghampirinya, dan menceritakan semuanya padanya, dan tak terasa kepala ini jatuh dibahunya, dan diapun menjatuhkan tanganya dikepala saya sembari mengusapkanya. Dan sampai sekarang saya denganya sering jalan bareng untuk sekedar menikmati indahnya alam, walaupun dia sangat tidak kuat dengan udara dingin, tapi dia sangat senang jika saya mengajaknya ketika saya bermain seperti mendaki gunung ataupun backpacker. Dan satu hal yang tidak saya peridiksi sekrang saya berada dalam satu tim denganya, karena kebetulan kita sama-sama sedang mengambil pendidikan profesi, kurang lebih selama satu tahun setengah ke depan saya akan satu tim bersamanya.
                Pelajaran yang bisa saya ambil dari rasa benci yang saya memiliki untuknya (dulu), sebelum saya mengenalnya. Kini rasa benci itu hilang, dan sekarang kita berteman cukup baik, sekarang dia tidak lagi seperti dulu yang berani menggunjing orang secara terang-terangan, sekarang dia lebih calm dan malah dia bisa menahan diri saat tidak suka atau marah terhadap seseorang, namun dia bisa dengan cepat bisa memaafkannya, dan jelas saya tidak memiliki sifat itu. Dulu dia termasuk ke dalam orang yang sangat saya benci namun sekarang saya rasa dia menjadi salah satu teman saya yang paling baik. Anaknya terkadang terlihat manja, namun dia juga tak jarang memperlihatkan sisi kuat dan mandirnya, secara keseluruhan anaknya memang baik dan kuat menghadapi masalah, dan mampu bekerja dibawah tekanan. Terkadang sesuatu yang kita benci belum tentu buruk untuk kita, karena bisa jadi itu adalah yang terbaik untuk kita. Mungkin kalau dulu dia tidak pernah membuat saya membencinya, saya tidak akan pernah tahu siapa dia. Selama segala Sesutunya seimbang dan dijalani dengan benar hal buruk pun bisa menjadi hal yang baik, dan sebaliknya. Tuhan memang adil kala itu saya pernah terlalu menganggap  orang terlalu baik dan menganggap dia adalah teman terbaik yang belum pernah saya temukan sebelumnya (LEBAY), namun setelah sekian lama waktu berjalan kenyataan itu berubah menjadi sebaliknya. Samapi sekrang saya tidak pernah menanyakan apakah dia pernah sakit hati oleh perkataan saya sampaiakhirnya dia membenci saya, saya juga tidka tahu apakah dia pernah membenci saya atau tidak. Hati-hatilah saat membenci seseorang dan muak terhadap seseorang jangan sampai berlebihan, karena bisa saja orang yang kita benci itu suatu hari malah menjadi orang yang banyak membantu kita. Ketika tidak suka atau suka terhadap seseorang jangan sampai berlebihan, tapi sewajarnya dan seperlunya dan jangan sampai berlarut-larut. Mohon maaf kawanku aku menuliskan kisah kita dalam sebuah tulisan yang ku share di blog, semoga orang yang membaca tulisan ini bisa terinspirasi, karena katanya kisah nyata itu bisa menginspirasi orang lain, siapa tahu yang membaca tulisan ini ada juga yang mengalami hal seperti aku. Terimakasih atas bantuanya selama ini, dan tentunya terimakasih banyak bahunya. Semoga kita bisa bekerjasama dengan lebih baik dari sebelumnya.

    0 komentar:

    Post a Comment